GINJAL

Dijelaskan tentang ginjal yang berukuran panjang 11 – 12 cm, lebar 5 – 7cm, tebal 2,3 sampai 3 cm, kira-kira sebesar kepalan tangan. Ginjal terbentuk oleh unit yang disebut nepron yang berjumblah 1 sampai 1,2 juta buah pada tiap ginjal.

ginjalUnit nepron dimulai dari pembuluh darah halus/kapiler, bersifat sebagai saringan disebut Glomerulus, darah melewati glomerulus/kapiler tersebut disaring sehingga terbentuk fitrat (urin yang masih encer) yang berjumlah kira-kira 1700 liter perhari, kemudian dialirkan melalui pipa/saluran yang disebut Tubulus. Urin ini dialirkan keluar saluran Ureter, kandung kencing, kemudian ke luar melalui Uretra.

Fungsi Ginjal
fungsi ginjalGinjal adalah sebuah organ kecil tetapi penting terletak di dalam tubuh, tidak tampak secara fisik dan seperti bagian lainnya, mempunyai fungsi yang kompleks dan bekerja secara otomatis. Karena itu apabila tidak ada masalah, biasanya kurang mendapat perhatian.
Namun biarpun kescil, ginjal adalah suatu bagian tubuh yang sanagt penting karena mempunyai fungsi dan juga tugas yang sangat mulia, yaitu menghilangkan air, sisa-sisa air kotor, atau sampah dan racun hasil metabolisme yang berlebihan di dalam tubuh, membantu mengatur tekanan darah, mengatur keseimbangan kimia dalam tubuh, memelihara tulang agar tetap kuat, memberi perintah kepada tubuh untuk membuat sel darah merah dan menolong anak-anak tumbuh dengan normal.
Karena fungsinya yang demikian komlek dan penting, salah satu saja fungsinya tidak dapat dilakukan, ginjal bisa dianggap gagal danmempunyai akibat yang menyengsesarakan dan berlarut-larut. Gagal ginjal bisa terjadi sewaktu-waktu.
Tetapi umumnya, gagal ginjal terjadi secara bertahap dan bisa diperlambat atau dihentikan sama sekali. Syaratnya sederhana, seperti penyakit lainnya, kalau dilakukan pemeriksaan secara dini, teknologi masa kini sudah bisa membantu memperlambat proses gagal ginjal atau menghentikannya sama sekali.

Fungsi ginjal adalah sebagai berikut :fungsi ginjal

  1. Bertugas sebagai sistem filter/saringan, membuang sampah.
  2. Menjaga keseimbangan cairan tubuh.
  3. Produksi hormon yan mengontrol tekanan darah.
  4. Produksi hormon Erythropoletin yang membantu pembuatan sel darah merah.
  5. Mengaktifkan vitamin D unutk memeliharan kesehatan tulang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s